Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sejarah Komputer & Jaringan Komputer

MATERI JARINGAN KOMPUTER ( JARKOM ).

Sejarah Komputer & Jaringan Komputer
Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)
Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Alat Hitung Tradisional & Kalkulator Mekanik
Komputer  Generasi KeEmpat (1979 –Sekarang)

Pada Generasi Pertama
ini terjadi Perang dunia Ke-II (untuk mengexploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer, Pengembangan dan mempercepat kemajuan teknik komputer)

Colassus
Mark I
ENIAC
EDVAC
UNIVAC I

CIRI - CIRINYA
Pengunan Tube Vakum (sehingga kumputer tersebut sangat besar)
Adanya selinder magnetik untuk Penyimpanan Data
Instruksi Operasi dibuat secara Specifik untuk suatu tugas tertentu
Setiap komputer memiliki program kodebiner yg berbeda (bahasa Mesin). sehingga hal ini  menyebabkan komputer sulit untuk di Program dan membatasi kecepatannya


Pada Generasi Ke-dua

Stretch & LARC
Yang mana komputer ini di kembangkan untuk Laboraturium Energi Atom, dapat menangani sejumlah besar data.

IBM membuat Super komputer bernama Strach danh Sprery  Rand  dengan nama LARC
Dan hanya ada 2 LARC yang pernah dipasang dan digunakan :
Lawrence Radiation Labs di Livemore California
US Navy research and Development Center di Washington DC

Dimana  komputer ini mengantikan bahasa mesin kebahasa Assembly yaitu bahasa yg menggunakan singkatan untuk mengantikan kode binner

Pada awal 1960 an mulai bermunculan Kompter Agenerasi Ke – dua dibidang Bisnis, universitas Pemerintahan
Sepenuhnya komputer ini mengunakan Transistor dan memiliki komponen-komponen yang diasosiasikan dengan komputer pada saat ini (Printer Penyimpanan Data dalam Disket Memory, Flesdisk Sistem OS dan Program

Ciri –cirinya :
Penggantian dari Bahasa Mesin ke Bhs Assembly
Muncul bahasa Pemprograman COBOL dan FORTAN


Pada Generasi Ke-Tiga
Insiyur Jack Kilby membuat cirkuit terintegrasi (IC / integreted Circuit) yang terbuat dari batu kuarsa / Qurty Rock
Sehingga terciptalah Komputer yg lebih kecil disebut semikonduktor dan penggunaan system operasi (Operating Sistem)

Ciri-cirinya :
Penggunan IC (Integrated circuit)
Ukuran Komputer Menjadi Lebih kecil
Ditemukannya Sistem Operasi


Dan generasi Ke-Empat hingga sekarang
Sehingga tujuan pengembangan menjadi lebih jelas mengecilkan komponen-komponen elektrik Large Scale Integrated (LSI), Very Large Scale Integrated (VLSI) serta memuat ribuan komponen dalam sebuah Chip tunggal Ultra Large Scal Integrated (ULSI) ini diterapkan pada Tahun 1980-an

Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan Penggunaan Personal Komputer (PC)
Ciri-cirinya :
Penggunan LSI, VLSI dan ULSI
Penggunan Microprosessor

Komputer Generasi Ke-lima
Kabar terkini yg harus diketahui bahwa Negara Jepanglah yang terkenal dalam proyek Jarkom generasi Ke-Lima ini dimana mengatas namai dalam Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology).

Komputer dari sebuah generasi



Sejarah Internet Merupakan Jaringan Komputer

Jaringan Komputer yang Pertama kali di realisasikan adalah pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat sehingga banyak yg ingin bergabung, ARPANET kesulitan untuk mengaturnya, maka terpecahlah menjadi dua:
1. MILNET untuk Keperluan Militer
2. ARPANET untuk keperluan bukan militerr

Dari gabungan ke-Dua ini dikenal dengan DARPA Internet dan disederhanakan menjadi INTERTNET
Awal 1960-an,    Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

Pertengahan 1960-an, ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

Tahun 1965,    Istilah"Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson.

Tahun 1968,    Jaringan Tymnet dibuat.

Tahun 1971,    Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.

Tahun 1972    Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet.

Tahun 1972-1974, Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

Tahun 1973, ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

1974, Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai, Telenet yang merupakan layanan paket data publik pertama.

Tahun 1977, Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.

Tahun 1978, Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).

Tahun 1979, Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan. University of North Carolina Amerika Serikat Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an, Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).

CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

Tahun 1982, Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.

Tahun 1986, Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973

Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.

 Tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Pada tahun 1982     dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.

pada tahun 1984, diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat

Tahun 1990, adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan  Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigato

PENGERTIAN  KOMPUTER
Alat elektronik
Dapat menerima input data
Dapat mengolah data
Dapat memberikan informasi
Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
Bekerja secara otomatis


Pengertian Jaringan
Jaringan komputer (Network)



Dari gambar ini, kita bisa mengklasifikasikan:
Network-Device: PC, IP-Cam (CCTV), Server, Laptop

Network-Communication-Device: Switch, Router, Access Point

Network-Medium: Kabel UTP, Kabel Fiber Optic, WiFi 802.11b

Network-Interface: LAN Card (PC, IP-Cam, Router), F.O.
   Modulator (Server, Router), Wireless Card (Laptop)

Network-Operating-System: Susah dijelaksan dari gambar tapi  konkritnya adalah misal kita dari Laptop melakukan perintah “ping” (kirim paket kecil untuk mengetes koneksi) menuju ke PC terus mendapat balasan, sebenarnya itu adalah hasil kerja dan bantuan dari Network-Operating-System dengan protokol ICMP nya.


KOMUNIKASI DATA

PENGIRIMAN DATA ATAU INFORMASI  DARI SUATU SUMBER DISEBUT  (SOURCE) KETUJUAN ATAU PENERIMA DISEBUT (DESTINATION)
Komunikasi dapat dilakukan antar dua jenis komputer atau lebih yang jenisnya sama atau berbeda.

Apa Itu MODE di dalam Jaringan
Membedakan hubungan didalam jaringan  antar pengirim (Source) dan Penerima (Destination).

Ada tiga(3) macam Mode :
Mode Simplex = Suatu Metode Komunikasi antar Pengirim dan Penerima yang bersifat satu arah dan kalao keduanya tidak dapat saling komunikasi maka disebut One Way Only

Mode Half Duplex = Suatu Metode Komunikasi yang dapat dilakukan dua arah secara bergantian dalam waktu yang tidak sama dan sering disebut pula Two Way Alternate

Mode Duplex = Suatu Metode yang digunankan pada komunikasi untuk dua arah secara terus menerus.

No comments :

Post a Comment

 

Populer Blog

Berawal Dari Ide


Populer Blog

Ayo Pakai Ide

Space Iklan Bebas Tentukan Posisi Pilihan ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR

Populer Blog

Untuk Merubah Pribadi Anda