Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Ada Air Tawar Di Tengah Laut

LOMBOK- Tahukah Anda bahwa air tawar dapat muncul di tengah laut? Fenomena yang janggal ini tidak lepas dari hubungan antara laut, air tanah, dan kondisi alam atau geologi. Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, memiliki objek wisata spring water in the sea atau sumber mata air tawar di tengah laut di Pantai Krakas, Kecamatan Gangga, namun belum tergarap maksimal.

"Mata air tawar di tengah laut itu salah satu potensi sumber daya alam yang belum tergarap. Padahal itu tergolong unik dan mungkin satu-satunya di Nusa Tenggara Barat (NTB)," kata Abubakar, 55, warga Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, menurut laman bali.bisnis, selasa (19/5/2015).

Ia mengatakan objek wisata mata air di tengah laut itu sempat dilirik sejumlah investor. Salah satunya, dari Korea Selatan yang berminat mengolah menjadi air kemasan. Namun investor tersebut menghilang tanpa kejelasan.

"Dulu memang pernah ada investor Korea Selatan yang ingin memanfaatkan mata air di tengah laut ini," ujarnya.




Pemerintah Kabupaten Lombok Utara berencana akan segera mengelola potensi sumber daya mata air tawar tersebut sebagai objek wisata bahari.

Secara alami, gejala munculnya mata air tawar di pesisir dan lepas pantai lazim terjadi. Namun, terkadang masyarakat menganggapnya sebagai sesuatu yang keramat. Contohnya, mata air tawar di pesisir pantai Binuangeun, Banten, begitupun juga menurut Fathul Azis.




Selain itu sebenarnya mata air tawar di pesisir dan lepas pantai banyak memberikan manfaat. Misalnya, di Bulagi, Kepulauan Banggai (Sulawesi Tengah) dan Sangkulirang (Kalimantan Timur), mata air digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari nelayan dan masyarakat pesisir. Ada pula mata air yang menjadi obyek wisata seperti mata air panas tengah laut di Pulau Ambon dan mata air lepas pantai di Lombok Utara, dari laman geomagz.

Mata air Krakas hasil pemotretan menggunakan kamera termal (infrared camera) (foto atas), lokasi pemotretan (foto biasa, inset), dan hasil analisis panas air dari foto atas (foto bawah). Pengambilan foto dilakukan sekitar pk 07.00 WITA, dengan posisi kamera miring sekitar 45o (posisi seharusnya: tegak lurus) dan jarak rata-rata kl. 5 meter terhadap obyek (muka air laut diatas mata air). Air tawar dari mata air ditunjukkan oleh warna jingga kekuningan yang berubah dari warna ungu (air laut) pada foto atas. Hasil analisis menunjukkan perbedaan temperatur sekitar 2,5oC yaitu air laut (26oC) lebih dingin (foto bawah). Foto dan analisis: Igan S. Sutawidjaja.



Air Tawar di Tengah Laut 

Bagaimana mungkin air tawar muncul di tengah laut? Biasanya air tawar yang muncul ini adalah air tanah. Kita paham bahwa air tanah akan mengalir ke titik terendah di permukaan bumi, yaitu laut. Dalam perjalanannya, air yang berada di bawah tanah bergerak melalui aneka ragam batuan. Akibatnya, bentuk keluarannya pun beragam. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan, bentuk kemunculan air tanah di pantai atau di laut ini terbagi menjadi tiga macam, yaitu rembesan air tanah di dekat pantai (nearshore groundwater seepage), rembesan air tanah (groundwater seepage), dan mata air tawar lepas pantai (Submarine Freshwater springs).

Rembesan air tanah di dekat pantai biasa dijumpai di pinggir pantai. Salah satu bentuknya berupa mata air di tepi pantai. Hal ini terjadi karena aliran air tanah tidak cukup kuat menekan air laut. Umumnya ini terjadi pada air tanah bebas, yaitu air tanah yang memiliki tekanan sama dengan udara dan air laut yaitu sebesar satu atmosfir.
Mata air tawar di tengah laut, lokasi: kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah. Foto: Kumoro Y.


Sebaran Mata Air Tengah Laut di Indonesia
Kemunculan air tanah yang dicirikan oleh adanya lepasan gelembung kecil udara dari dasar laut. Lokasi: Pulau Lombok bagian utara.

Apakah mata air tawar tengah laut ada di seluruh Indonesia? Hal ini sangat ditentukan oleh kondisi geologi dan hidrogeologi wilayah pesisirnya.

Beberapa petunjuk tentang kemunculannya adalah: 
1) adanya lepasan gelembung-gelembung udara kecil dari dasar laut,
2) adanya lapisan film tipis pada permukaan laut,
3) adanya perubahan suhu air laut yang lebih dingin atau panas pada lokasi tertentu di permukaan laut, 4) kandungan air laut yang khas seperti kandungan radon, radium methan, hidrogen sulfida atau karbon dioksida yang tinggi, dan
5) pada batuan di dasar laut ada warna merah akibat proses oksidasi.

Alternatif pemanfaatan mata air tawar lepas pantai di Pulau Ambon. Foto: Abimanyu, dkk.

Badan Geologi, LIPI, Kementerian Pekerjaan Umum, telah menginventarisasi beberapa kemunculan air tawar di lepas pantai di Indonesia. Hasilnya disajikan pada tabel di halaman 42.

Berdasarkan hasil inventarisasi ini, nyatalah bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat beragam dan sebenarnya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Seringkali, kitalah yang tidak dapat membaca kekayaan alam ini dengan kacamata ilmu pengetahuan, sehingga hanya sampai pada kesimpulan bahwa hal-hal seperti ini hanyalah keajaiban alam semata yang bersifat lokal saja.

Hasil inventaris kemunculan air tawar di lepas pantai di dunia dan Indonesia hingga saat ini (Modifikasi dari Taniguchi dkk, 2007).


Kedua penulis adalah Peneliti Hidrogeologi, Puslit Geoteknologi LIPI. Oleh: Rachmat Fajar Lubis dan Hendra Bakti






No comments :

Post a Comment

 

Populer Blog

Berawal Dari Ide


Populer Blog

Ayo Pakai Ide

Space Iklan Bebas Tentukan Posisi Pilihan ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR

Populer Blog

Untuk Merubah Pribadi Anda