Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Menjaga Keselamatan Anak Dan Remaja Di Ranah Maya

Menjaga Keselamatan Anak Dan Remaja Di Ranah Maya

Sebagai orang tua yang peduli terhadap keselamatan anak, apalagi jika anak pun memakai internet di rumah atau pun dilingkungan lain.

KECANGGIHAN teknologi dewasa ini harus disikapi dengan sigap oleh orang tua. Pasalnya, anak di bawah umur kerap memiliki rasa penasaran tinggi untuk mengetahui perkembangan zaman khususnya di dunia teknologi komunikasi dan informasi.

Di era serba digital ini, internet bukanlah suatu hal yang harus dihindari atau ditakuti. Bahkan sejak duduk di bangku SD, anak-anak sudah diperkenalkan pelajaran Teknologi Informasi Komputer yang berkaitan dengan cara mengopersionalkan komputer.

Ketika kita menyediakan komputer dengan fasilitas internet unlimited, anak pun akan tertarik menggunakannya. Sebagai orang tua yang peduli terhadap keselamatan anak saat mereka berinteraksi menggunakan internet, tentunya kita akan mendampingi mereka.

Jika anak Anda menggunakan PC, Laptop atau Xbox, Anda mungkin telah menyiapkan keluarga untuk menggunakan kontrol orang tua. terlebih lagi memilih paket yang akan ditentukan untuk masa depan anak dan perlu diawasi juga, karena Anak akan berinteraksi dengan internet, itu tidak bisa dikesampingkan lagi.

Menjaga Keselamatan Anak Dan Remaja Di Ranah Maya
Jadi anak harus berarti untuk perkembangan masa depannya melalui Pengenalan internet bagi anak usia 2 hingga 4 tahun merupakan tahap awal. Pada usia ini, anak harus didampingi oleh orang tua atau orang dewasa. Melakukan surfing bersama orang tua adalah hal terbaik.
Hal tersebut bukan sekadar persoalan keselamatan anak, tetapi juga untuk meyakinkan bahwa anak tersebut bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus memperkuat ikatan emosional antara sang anak dengan orang tua.

Rentang usia 4 hingga 8 tahun, anak akan mendapatkan pengalaman postif jika berhasil meningkatkan penemuan-penemuan baru mereka di internet. Inti permasalahan di sini bukanlah terpusat bagaimana menghindari situs-situs negatif, tetapi bagaimana caranya agar anak dapat tetap leluasa mengeksplorasi internet.

Dalam usia 7 sampai 10 tahun, anak mulai mencari informasi dan kehidupan sosial di luar keluarga mereka. Inilah saatnya dimana faktor pertemanan dan kelompok bermain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan seorang anak.

Sementara pada usia 10 sampai 12 tahun, masa pra-remaja ini anak yang membutuhkan lebih banyak pengalaman dan kebebasan. Inilah saat yang tepat untuk mengenalkan fungsi internet membantu tugas sekolah ataupun menemukan hal-hal yang berkaitan dengan hobi mereka.

Selain memberikan banyak akibat positif, internet nyatanya memberikan berbagai pengaruh negatif dalam pergaulan remaja. Internet memang merupakan ranah maya nan tanpa batas. Oleh karena itu, kaum remaja perlu diarahkan buat senantiasa menjadi pengguna internet sehat dan aman.

Jadi satu pesan untuk kita adalah Pelajari dan pahamilah secara bersamaan dengan anggota keluarga lainnya berbagai wahana komunikasi serta kandungan informasi nan ada di internet. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga akan memahami semua nan berhubungan dengan internet, seperti berbegai khasiatnya dan juga akibat negatif berinternet jika tak dilakukan dengan sehat.

No comments :

Post a Comment

 

Populer Blog

Berawal Dari Ide


Populer Blog

Ayo Pakai Ide

Space Iklan Bebas Tentukan Posisi Pilihan ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR

Populer Blog

Untuk Merubah Pribadi Anda