Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jalan Tol Laut Terpanjang Di Dunia

Jalan Tol Laut Terpanjang Di Dunia, Termasuk Indonesia ada

Jalan tol adalah suatu jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lain. Untuk menikmatinya, para pengguna jalan tol harus membayar sesuai tarif yang berlaku.

Penetapan tarif didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan atau fasilitas di mana tol dikumpulkan dapat disebut pintu tol, rumah tol, plaza tol atau di Indonesia lebih dikenal sebagai gerbang tol.

Dalam perkembangannya jalan tol tidak hanya di bangun diatas daratan saja, berbagai terobosan baru pun dilakukan oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Kini jalan tol sudah ada yang dibangun diatas laut. Seperti Jalan Tol Bali Mandara yang merupakan jalan tol atas laut pertama yang dibangun di Indonesia, dikatakan juga Tol Bali Mandara merupakan jalan tol terindah yang ada di Indonesia.

Nah untuk menambah pengetahuan Anda semua berikut Anak Regular sajikan beberapa Informasi tentang beberapa Jalan Tol Atas Laut Terpanjang Di dunia yang telah selesai dibangun dan sudah digunakan banyak orang.


Jalan Tol Atas Laut Terpanjang Di Dunia :

Jalan Tol Jiaozhou Bay



Jiaozhou Bay resmi dibuka pemerintah Cina pada 30 Juni 2011. Jalan tol jembatan ini berlokasi di Qingdao, Cina Timur, Provinsi Shandong. Jalan ini merupakan jalan tol jembatan terpanjang di atas laut di dunia yang membentang sepanjang 42.000 kilometer. Proyek pembangunan Jiaozhou Bay memakan biaya sebesar US$ 1,5 miliar atau  setara dengan Rp 12,8 trliun yang diselesaikan dalam kurun waktu 4 tahun. Jalan tol ini ditopang oleh lebih dari 5.000 tiang dan rata-rata setiap harinya dilalui oleh 30.000 kendaraan.

Pada waktu itu untuk menyelesaikan proyek ini memakan biaya US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 12,8 triliun. Jembatan tol ini ditopang oleh lebih dari 5.000 tiang. Pengerjaan jembatan selesai dalam 4 tahun. Jalan tol ini setiap harinya dilalui oleh 30.000 kendaraan, butuh 30 menit sebuah kendaraan untuk bisa melintasi tol ini.


Lake Pontchartrain Causeway



Lake Pontchartrain Causeway, di Amerika, adalah sebuah jalan tol panjang dan terdiri dari dua jalur. Jalan tol ini dibangun di atas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat, mempunyai panjang 38,4 Km, menghubungkan dua buah kota besar di Amerika.

Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota Mandeville. Jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol.


Chesapeake Bay Bridge



Jalan tol jembatan ini memiliki panjang 24.140 km yang melintasi teluk Chesapeake di Maryland serta menghubungkan pedesaan negara kawasan Pantai Timur dengan Pantai Barat di daerah perkotaan. Cheasapeake Bay Bridge pertama kal dibuka pada tahun 1952 dengan panjang yang hanya mencapai 6,9 km. Kemudian pada tahun 1973, jalan tol ini mengalami penambahan panjang. Rata-rata setiap harinya, jalan tol jembatan ini dilalui oleh 61.000 kendaraan yang dikenakan biaya sebesar USD 4 untuk dapat melintasi jalan tol tersebut.


Jalan Tol Penang, Malaysia



Jembatan Penang merupakan jalan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Semenanjung Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas.

Jalan tol ini dibuka pada 14 September 1985. Panjang keseluruhan jembatan ini sekitar 13,5 km, membuat jembatan ini salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan landmark Malaysia.

Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town. Pengguna jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau, tarif sekali jalan 5,6 Ringgit.

Mulai 2004, jembatan tol ini  diperluas dari 4 lajur menjadi 6 untuk melayani lalu lintas yang meningkat. Kemudian pada 13 Agustus 2009 diresmikan Menteri PU Malaysia Dato’ Shaziman Abu Mansor.


Jalan Tol Bali Mandara



Jalan Tol Bali Mandara Adalah jalan tol atas laut pertama yang dibangun di Indonesia, Jalan Tol ini diresmikan oleh Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 September 2013. Jalan tol ini adalah tol pertama di Indonesia yang dibangun diatas laut sehingga dianggap sebagai jalan tol yang paling indah.

Bagi yang belum pernah mendengar nama jalan ini, ok akan mimin bahas sedikit disini. Seperti terlihat pada foto diatas, Jalan Tol Bali Mandara adalah jalan tol diatas laut yang menghubungkan 3 kawasan di Bali yaitu kawasan Ngurah Rai Tuban, Pelabuhan Benoa, dan Nusa Dua.

Selain itu Jalan Tol Bali Mandara merupakan jalan tol pertama diatas laut yang mempunyai jalur untuk kendaraan roda dua. Jalur ini terletak di bahu kiri jalan. Untuk setiap motor yang masuk, dikenakan tarif Rp. 4000. Batas kecepatan untuk kendaraan di jalur tol ini adalah 25 hingga 40 km/jam.


Hangzhou Bay Bridge, Tiongkok



Hangzhou Bay Bridge adalah jembatan jalan raya panjang dengan bagian kabel-tinggal di Hangzhou Bay di wilayah pesisir timur Cina. Ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang. Pada 35,673 km (22 mil) panjangnya, Hangzhou Bay Bridge adalah salah satu trans-samudera jembatan terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan itu selesai pada tanggal 14 Juni 2007, dan upacara pembukaan diadakan pada tanggal 26 Juni 2007 sampai dengan liputan media yang menghebohkan negeri.

Jembatan itu tidak dibuka untuk publik sampai dengan 1 Mei 2008, setelah jangka waktu yang cukup pengujian dan evaluasi. Jembatan memperpendek jarak perjalanan antara jalan raya Ningbo dan Shanghai dari 400 km (249 mil) untuk 280 km (174 mil) dan waktu tempuh berkurang 4-2,5 jam.


Bang Na Expressway, Thailand



Bang Na Expressway atau dikenal dengan Burapha Withi Expressway, adalah jalan raya enam jalur sepanjang 54 km di Bangkok, Thailand. Ini adalah jalan tol dan berjalan di atas National Highway route 34, (Bang Na–Bang Pakong Highway) yang dimiliki oleh Expressway Authority of Thailand (EXAT).


Danyang-Kunshan Grand Bridge



Danyang-Kunshan Grand Bridge adalah Jembatan Terpanjang di Dunia. Hal ini terletak di Qingdao City, Cina Timur Provinsi Shandong. Jembatan ini memiliki panjang 164.800 meter (102,4 mil) dan rentang 260 meter. Ini termasuk 9 kilometer (5,6 mil) panjang bagian atas air yang melintasi Danau Yangcheng di Suzhou. Selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada 2011. Mempekerjakan 10.000 orang, konstruksi membutuhkan waktu empat tahun dan biaya sekitar $8.5 miliar. Danyang-Kunshan Grand Bridge saat ini memegang Guinness World Record untuk jembatan terpanjang di dunia dalam kategori apapun pada Juni 2011.

No comments :

Post a Comment

 

Populer Blog

Berawal Dari Ide


Populer Blog

Ayo Pakai Ide

Space Iklan Bebas Tentukan Posisi Pilihan ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR

Populer Blog

Untuk Merubah Pribadi Anda